Senin, 24 Mei 2010

Makalah biologi tetang Coelenterata


BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar belakang

Sesuai dengan asal katanya Coleonterata yaitu coelom berarti rongga dan enteron berarti usus maka Coelonterata berarti hewan yang memiliki rongga tubuh yang berfungsi sebagai usus. Coelenterata umumnya hidup di perairan baik laut maupun tawar.

Dari uraian sedikit tentang Coleonterata di atas dalam penyusunan makalah ini kami akan menguraikan lebih jelasnya bagaimana karakteristik dan klasifikasi tentang Coleonterata.

B. Tujuan Penulisan

a. Untuk memenuhi salah satu tugas.

b. Untuk menambah pengetahuan pelajaran biologi khususnya tentang Coleonterata

BAB II

PEMBAHASAN

A. Coelenterata

Sesuai dengan asal katanya yaitu coelom berarti rongga dan enteron berarti usus maka Coelonterata berarti hewan yang memiliki rongga tubuh yang berfungsi sebagai usus. Coelenterata umumnya hidup di perairan baik laut maupun tawar.

a. Karakteristik Coleonterata

Coelenterata yang hidup dilaut umumnya berbentuk madusa dan berkoloni. Medusa berbentuk payung atau lonceng, misalnya Aurilea sp. Dan Metridium. Coelenterata yang hidup perairan tawar umumnya berbentuk polip dan hidup soliter atau berkoloni. Polip berbentuk silindris, tidak dapat begerak bebas dan melekat di dasar perairan, misalnya Hydraviridis. Coelenterata memiliki tubuh simetri radial, diploblastik, dan memiliki mulut yang dikelilingi oleh tentakel. Pada permukaan tentakel terdapat sel-sel beracun (Knidoblas) yang mengandung sel penyengat (Nematokis) untuk mengusir atau melumpuhkan mangsa.

Sistem pencernaan Coelenterata berawal dari mulut, kerongkongan, usus dan berakhir di mulut karena tidak memiliki anus. Jika ada mangsa maka tentakel akan menangkap dan melumpuhkannya. Kemudian mangsa akan masuk kedalam sistem pencernaan.

Coelenterata belum mempunyai sistem peredaran darah, sistem pernapasan, dan sistem ekskresi. Pernafasan dilakukan dengan cara difusi melalui permukaan tubuhnya begitu pula halnya dengan ekskresi. Sistem saraf Coelenterata mesih sederhana yaitu sistem saraf berbentuk jala.

b. Klasifikasi Coelenterata

Coelenterata dibagi menjadi tiga kelas yaitu Hydrozoa, Scyphozoa dan Anthozoa.

1) Hydrozoa

Sebagian besar Hydrozoa mengalami pergantian fase dari bentuk polip ke bentuk medusa, misalnya Obelia sp. Dan Physalia yang hidup berkoloni di laut. Adapula Hydrozoa yang tetap berbentuk yang tetap berbentuk polip sepanjang hidupnya, misalnya Hydra viridis.

Obelia sp. Hidup hidup sebagai polip pada sebagian besar hidupnya. Polip tersebut hidup berkoloni karena polip baru yang tumbuh dari pertunasan tetap melekat pada induknya. Ada dua jenis polip dalam koloni yaitu polip yang memiliki tentakel (polip pemangsa atau hidran) dan polip menghasilkan medusa (polip reproduktif atau gonangium). Reproduksi dilakukan secara seksual dan aseksual. Secara seksual melalui fertilisasi antara sperma dan ovum sedangkan aseksual melalui pertunasan.

Umumnya, Hydra viridis ditemukan menempel didasar perairan tawar seperti danau atau kolam jernih. Reproduksi dilakukan secara seksual dan aseksual. Reproduksi seksual berlangsung jika keadaan lingkungan buruk dengan cara fertilisasi antara sperma dan ovum. reproduksi aseksual berlangsung apabila keadaan lingkungan baik dengan cara membentuk tunas

PENUTUP

Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa kami telah dapat menyeleseiakan makalah ini.

Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada :

Ø Guru pembimbing sekaligus guru bidang studi

Ø Semua pihak yang bersangkutan dengan pembuatan makalah ini.

Dan semoga dengan tersusunnya makalah ini yang masih jauh dari kesempurnaan ini dapat memberikan manfaat bagi kami sendiri pada khususnya dan pembaca pada umumnya. Sebelum kami mengakhiri, Kami ingin mengucapkan terima kasih dan mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan makalah ini.

Berdasakan data-data dan masalah-masalah tersebut diatas, kami mempunyai kehendak untuk menyampaikan saran kepada para pembaca, semoga penulisan makalah ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan dan pengetahuan.

Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.


By : Nurma Weleq Jiant

Nurmacaqeb@gmail.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar